Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia – Finlandia adalah negara dengan pendidikan terbaik. Selain itu Finlandia juga menjadi negara paling bahagia di dunia. Menurut data dari PISA, Finlandia menjadi satu-satunya negara yang dimana siswanya memiliki kemampuan literasi dan tingkat harapan hidup yang tinggi.Hal tersebut dikarenakan Finlandia memiliki kehidupan yang seimbang antara sekolah dan kegiatan sehari-hari. Di Finlandia juga siswa dibebaskan mengikuti beragam ekskul. Berikut ini adalah informasi selengkapnya dari gurudanmurid .

Tidak Ada Klasifikasi Rangking (Prestasi)

Sekolah di Finlandia membuat paradigma kepada siswanya bahwa tujuan atau alasan untuk memperoleh prestasi bukanlah dengan mendapat ranking atau juara.Melainkan siswa harus memiliki keahlian yang harus ditekuni untuk mempersiapkan masa depan siswanya.Adapun, siswa yang memiliki prestasi yang kurang baik tidak dianggap sebagai siswa yang “bodoh”.

Dalam artian, para guru dan siswa lain tidak akan langsung men-judge temannya yang kurang berprestasi.Tapi sebaliknya diberikan semangat dan saling membantu. Dalam artian sekolah yang berada di Finlandia tidak mengkelompokan siswanya berdasarkan prestasi yang mereka peroleh.

Biaya Sekolah Gratis

Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia selanjutnya biaya sekolah gratis. Sebagai investasi masa depan, pemerintah Finlandia tidak segan-segan memberikan anggaran yang besar untuk pendidikan.Dana yang besar untuk para warga Finlandia pastinya akan sangat membantu para warga Finlandia untuk bersekolah.Untuk mengadakan penelitian, membuat penemuan dan berbagai inovasi baru. Sehingga setiap warga negara terpacu untuk membuat prestasi tanpa khawatir masalah keuangan.

Pengajar Harus Bergelar Master

Untuk guru – guru yang bisa mengajar mata pelajaran di Finlandia ini harus bergelar master terlebih dahulu.Sementara itu untuk guru – guru yang masih bergelar sarjana atau S1 akan menjadi guru pengawas atau pembimbing bagi para siswa siswinya untuk bisa memahami bidang studi.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu suasana belajar yang aktif, bukan metode ceramah. Proses pembelajarannya terbilang sangat menyenangkan, dan tentunya tidak ada dikte dari guru sehingga siswa pun tidak akan tertekan.Adapun untuk pembelajaran bahasa asing ini sudah mulai diajarkan pada awal pertama masuk sekolah. Hal ini bertujuan supaya bisa bersaing dengan dunia globalisasi saat ini dan pastinya juga untuk mengembangkan wawasan dari siswa siswinya untuk bisa menghargai berbagai keragaman kultur.